Type Here to Get Search Results !

10 Tips & Trick dalam Mengoperasikan Ms. Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet paling populer untuk manipulasi data  cepat. Namun bagi seorang pemula,  membuat spreadsheet Excel, menyusun rumus dan fungsi bisa sangat melelahkan. Tapi jangan khawatir, berikut adalah 15 tips dan trik Microsoft Excel yang penting dan berguna untuk pemula dan pengguna berpengalaman untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal. 

15 Tip dan Trik  Penting dan Berguna Microsoft Excel 

1. Satu klik untuk memilih semua 

Anda mungkin tahu cara menggunakan kombinasi tombol Ctrl+A untuk memilih semua, tetapi  sedikit yang tahu bahwa mengklik tombol di sudut, seperti yang ditunjukkan  tangkapan layar berikut, semua data  dipilih dalam hitungan detik. 

2. Beralih dari satu file Excel ke file Excel lainnya 

Ketika Anda membuka banyak lembar kerja, berpindah dari satu file ke file lainnya sangat mengganggu karena  mengerjakan lembar yang salah terkadang dapat merusak keseluruhan proyek. Menggunakan Ctrl + Tab membuatnya lebih mudah untuk beralih antar file.

3. Tambahkan Garis Diagonal ke Sel 

Misalnya, jika Anda membuat milis teman sekelas,  Anda mungkin menginginkan tautan diagonal di sel pertama untuk memisahkan atribut baris dan kolom yang berbeda.  Bagaimana cara membuatnya?

Semua orang tahu Home ==> Fonts ==> Borders dapat mengubah batas sel yang berbeda  dan bahkan menambahkan warna yang berbeda. Namun, jika Anda mengklik Lebih Banyak Bingkai, Anda akan mendapatkan lebih banyak kejutan seperti garis diagonal.

4. Menambahkan lebih dari satu baris atau kolom baru 

Anda mungkin tahu cara menambahkan  baris atau kolom baru, tetapi Anda benar-benar membuang-buang waktu jika harus menambahkan lebih dari satu baris berulang sebanyak beberapa kali. 

Cara terbaik adalah dengan drag and drop baris atau kolom X (X sama dengan dua atau lebih) ketika Anda ingin menambahkan  baris atau kolom X di bagian atas atau kiri. Klik kanan baris atau kolom yang disorot dan pilih Tempel dari menu drop-down. Baris baru  disisipkan di atas baris atau di sebelah kiri kolom yang dipilih pertama. 

5. Memindahkan dan menyalin data dengan cepat dalam sel 

Jika Anda ingin memindahkan satu kolom data dalam lembar kerja, Anda dapat dengan cepat  memilihnya dan memindahkan penunjuk ke tepi, ketika sudah menjadi crosshair, seret kolom dengan bebas ke bergerak. Bagaimana jika saya ingin menyalin data? Anda dapat menahan tombol Ctrl sebelum menyeret; Kolom baru  menyalin semua data yang dipilih.

6. Quick Clear Cells 

Beberapa data akan kosong secara default  karena berbagai alasan. Jika Anda perlu menghapusnya untuk menjaga akurasi, terutama saat menghitung  rata-rata, cara cepatnya adalah  memfilter semua sel kosong dan menghapusnya dengan satu klik.  

Pilih kolom yang ingin Anda filter, pergi ke Data->Filter, setelah tombol bawah muncul, hilangkan centang All lalu pilih opsi terakhir (Blank). Semua sel kosong akan segera ditampilkan.Kembali ke beranda dan klik Hapus secara langsung.  

7. Menavigasi dengan cepat menggunakan Ctrl + tombol panah 

Saat Anda menekan Ctrl + tombol panah apa saja pada keyboard, Anda dapat melompat ke tepi lembaran ke arah yang berbeda. Jika Anda ingin pergi ke baris data terakhir, coba tekan Ctrl + tombol  bawah.  

8 .Memindahkan data dari baris ke kolom 

Anda akan menggunakan fungsi ini jika ingin memindahkan posisi data untuk visibilitas yang lebih baik; namun, mengetik ulang semua data akan menjadi mahal. Namun ada cara mudah, cukup salin area yang ingin diubah, pindahkan kursor ke titik kosong lainnya. Pergi ke Home ==> Paste ==> Transpose, perlu diketahui bahwa fungsi ini tidak akan aktif hingga Anda menyalin data terlebih dahulu.  

9. Sembunyikan data 

Sebagian besar pengguna mengetahui cara menyembunyikan data dengan mengklik kanan dan memilih fungsi Sembunyikan, tetapi jika datanya kecil, mudah dilihat.

Cara terbaik dan termudah untuk menyembunyikan data sepenuhnya adalah dengan menggunakan fungsi Format Cells. Pilih area dan pergi ke Home->Fonts->Open Format Cell->Number Tab->Customize->enter ;;; -> Klik OK,  semua nilai di area ini tidak akan terlihat dan hanya dapat ditemukan di area pratinjau di sebelah tombol Fungsi. 

10. Mulai dari 0 

Saat nilai input dimulai dengan 0, Excel memblokir angka nol secara default. Alih-alih mengatur ulang sel ke format, masalah ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan menambahkan tanda kutip tunggal di depan nol di depan.Misalnya berikut '08123456789.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad