Type Here to Get Search Results !

Menjelajah Menu Home pada Ms. Word

Menu Home pada Excel 2016 berisi berbagai fitur dan perintah dasar yang sering digunakan dalam pengolahan data di Excel. Berikut adalah rincian dari masing-masing grup perintah yang terdapat pada menu Home:

Clipboard: 

Grup ini berisi perintah untuk mengelola clipboard (papan klip), yaitu tempat penyimpanan sementara untuk salinan data yang dipotong atau disalin. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Cut (memotong), Copy (menyalin), Paste (merekam), Format Painter (menyalin format), dan lain-lain.

Font: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, dan dekorasi huruf. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Font (jenis huruf), Font Size (ukuran huruf), Bold (tebal), Italic (miring), Underline (bergaris bawah), dan lain-lain.

Alignment:

Grup ini berisi perintah untuk mengatur posisi teks dalam sel, seperti rata kanan, rata kiri, dan rata tengah. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Horizontal Alignment (penyelarasan horizontal), Vertical Alignment (penyelarasan vertikal), Wrap Text (memotong teks), dan lain-lain.

Number: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur tampilan angka pada sel, seperti menambahkan atau menghilangkan desimal, mengatur format angka, dan lain-lain. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Number Format (format angka), Increase Decimal (menambahkan desimal), Decrease Decimal (mengurangi desimal), dan lain-lain.

Styles: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur gaya atau tema sel atau lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Cell Styles (gaya sel), Conditional Formatting (format kondisional), dan lain-lain.

Cells: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur sel dan lembar kerja, seperti menggabungkan sel, membagi sel, mengunci sel, dan lain-lain. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Insert (menyisipkan), Delete (menghapus), Format (mengatur format), dan lain-lain.

Editing: 

Grup ini berisi perintah untuk mengedit data dalam sel, seperti mengedit teks, menghapus sel, dan lain-lain. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Find & Select (cari & pilih), Replace (ganti), Clear (bersihkan), dan lain-lain.

Sort & Filter: 

Grup ini berisi perintah untuk mengurutkan dan menyaring data dalam lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Sort & Filter (urutkan & saring), Sort A to Z (urutkan A ke Z), Sort Z to A (urutkan Z ke A), dan lain-lain.

Charts: 

Grup ini berisi perintah untuk membuat grafik atau diagram berdasarkan data dalam lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Insert Chart (sisipkan grafik), Recommended Charts (rekomendasi grafik), dan lain-lain.

Tables: 

Grup ini berisi perintah untuk membuat tabel atau daftar berdasarkan data dalam lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Table (tabel), PivotTable (tabel pivot), dan lain-lain.

Sparklines: 

Grup ini berisi perintah untuk membuat sparkline, yaitu grafik kecil yang menampilkan tren data dalam sel atau rentang sel. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Line (garis), Column (kolom), dan lain-lain.

Grouping: 

Grup ini berisi perintah untuk mengelompokkan baris atau kolom dalam lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Group (kelompok), Ungroup (batalkan kelompok), dan lain-lain.

Ungrouping: 

Grup ini berisi perintah untuk membatalkan kelompok baris atau kolom yang telah dikelompokkan sebelumnya. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Ungroup (batalkan kelompok).

Editing: 

Grup ini berisi perintah untuk mengedit lembar kerja, seperti menghapus kolom atau baris, mengubah lebar kolom atau tinggi baris, dan lain-lain. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Insert (sisipkan), Delete (hapus), dan lain-lain.

Find & Select: 

Grup ini berisi perintah untuk mencari data dalam lembar kerja dan memilih sel atau rentang sel. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Find (cari), Replace (ganti), Go To (pergi ke), dan lain-lain.

Page Layout: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur tampilan lembar kerja, seperti mengatur margin, orientasi halaman, dan ukuran kertas. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Margins (margin), Orientation (orientasi), dan lain-lain.

Themes: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur tema atau gaya tampilan lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Themes (tema), Colors (warna), dan lain-lain.

Page Setup: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur pengaturan halaman, seperti pengaturan kertas, header dan footer, dan lain-lain. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Print Titles (judul cetak), Page Setup (atur halaman), dan lain-lain.

Arrange: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur posisi dan tampilan objek dalam lembar kerja, seperti mengatur lapisan, mengatur ukuran dan bentuk, dan lain-lain. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Bring to Front (maju ke depan), Send to Back (mundur ke belakang), dan lain-lain.

View: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur tampilan lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Workbook Views (tampilan buku kerja), Show (tampilkan), Zoom (perbesar/perkecil tampilan), dan lain-lain.

Window: 

Grup ini berisi perintah untuk mengatur jendela atau tampilan lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: New Window (jendela baru), Arrange All (atur semua), dan lain-lain.

Help: 

Grup ini berisi perintah untuk membuka bantuan Excel atau mengakses sumber daya lainnya. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Help (bantuan), Smart Lookup (pencarian pintar), dan lain-lain.

Macros: 

Grup ini berisi perintah untuk merekam dan mengelola macros, yaitu rangkaian perintah yang dapat dieksekusi dengan satu klik untuk mempercepat tugas-tugas yang sering dilakukan. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Record Macro (rekam macro), Run Macro (jalankan macro), dan lain-lain.

Add-Ins: 

Grup ini berisi perintah untuk mengelola add-ins, yaitu program tambahan yang dapat menambahkan fitur atau fungsi baru ke Excel. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Excel Add-ins (add-ins Excel), Manage Excel Add-ins (kelola add-ins Excel), dan lain-lain.

XML: 

Grup ini berisi perintah untuk mengimpor atau mengekspor data dalam format XML. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Import (impor), Export (ekspor), dan lain-lain.

Code: 

Grup ini berisi perintah untuk mengakses Visual Basic Editor (VBE), yaitu lingkungan pengembangan untuk membuat dan mengedit kode VBA (Visual Basic for Applications). Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Visual Basic (Visual Basic), Macros (macros), dan lain-lain.

Proofing: 

Grup ini berisi perintah untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa dalam lembar kerja. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Spelling (ejaan), Research (cari), dan lain-lain.

Accessibility: 

Grup ini berisi perintah untuk mengakses fitur aksesibilitas Excel, yang dapat membantu pengguna dengan kebutuhan khusus dalam menggunakan program ini. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Check Accessibility (periksa aksesibilitas), Accessibility Checker Options (opsi periksa aksesibilitas), dan lain-lain.

File: 

Grup ini berisi perintah untuk mengelola file Excel, seperti membuka, menyimpan, mencetak, dan lain-lain. Perintah yang terdapat pada grup ini antara lain: Open (buka), Save (simpan), Print (cetak), dan lain-lain.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad